Tugas Akhir Kuliah...my dream school !!


Oke..Ini adalah salah satu dari sekian tugas akhir kuliah gw..tugas akhir mata kuliah Pak Amril Dosen MPD. Tugasnya adalah mendesain sebuah konsep sekolah berdasarkan ide dan gagasan sendiri. Awalnya gue pengen banget bisa masuk Jurusan Desain di ITB..tapi apa lah daya ternyata nasib gue ga disana.. Tapi setelah mendapatkan mata kuliah ini gue pengen bisa mendirikan sebuah akademi atau sekolah yang mempelajari hal-hal yang berkenaan dengan "DESIGN"

Oke,,ini adalah Konsep dasar sekolah atau akademi berdasarkan ide dan gagasan gue sendiri.Dan gue sangat berharap gue dan teman-teman gue yang ikut juga menyelesaikan tugas ini suatu hari nanti bisa mewujudkan dan mengimplementasikannya secara nyata..(Sambil berdoa..Mudah2an ada teman yang udah jadi pengusaha kaya raya yang berbaik hati membiayai seluruh administrasi pendirian akademi ini..hhe.. amin Ya ALLah..)

Berikut adalah paparan mengenai gagasan dari konsep sekolah dari mata kuliah MPD ini..

CITRA DESIGN INTERNATIONAL SCHOOL

A. Rasional

Sekolah adalah tempat para pendidik membentuk karakter siswanya. Sekolah mampu mengubah dan memformat pemikiran dan sikap siswa dalam menjalani kehidupannya. Namun dari banyak sekolah yang ada di negeri ini, cukup banyakkah yang mampu mencetak siswa yang berkarakter? Saya sebut karakter dengan pemahaman bahwa siswa yang diformat oleh sekolah A mesti memiliki karakter berbeda dengan siswa yang dibentuk oleh sekolah B.
Namun jika kita melihat hasil pendidikan tidak membuat siswa itu berbeda dengan keluaran sekolah lain, berarti sekolah kita tidak mampu membentuk karakter. Atau bisa juga disebut, sekolah kita tidak memiliki karakter, atau biasa-biasa saja. Dari sana Saya memimpikan sekolah dengan karakter baik dari segi peserta didik, guru, kurikulum dan lingkungannya adalah sekolah yang berbasis Desain dengan teknologi yang canggih. Sekolah Impian Masa Depan Ini bernama “Citra Design International School”.
Citra Design International School adalah sekolah yang mempelajari khusus berbagai hal mengenai Design. Saya memimpikan bahwa Citra Design International School tidak hanya berada pada Pusat Kota Jakarta tetapi akan dibangun di beberapa daerah diIndonesia dengan di Jakarta sebagai Center Study sekolah ini. Citra Design International School akan bekerja sama dengan perusahan-perusahaan design terbesar yang nantinya para lulusan ini akan magang dan bekerja disana. Lama pembelajaran disekolah ini adalah selama Tiga Tahun. Tujuan didirikan sekolah ini tentu saja menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan professional di bidang desain dimana desain dipandang sebagai sebuah usaha menciptakan karya seni yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan melihat suatu proses desain yang kegiatannya merancang, memproduksi produk-produk yang inovatif, kreatif, dan up to date, serta sebagai suatu sarana apresiasi atau wadah terhadap karya-karya yang dihasilkan, oleh karena itu proses desain ini diangkat sebagai karakteristik utama yaitu ekspresif yang memiliki arti sebagai perwujudan dari proses desain tersebut dengan dasar-dasar gubahan kompleksitas sehingga menciptakan suatu karya ekspresif yang mengintervensi bentuk-bentuk disekitarnya.


B. Kompetensi Output Citra Design Internasional School

Citra Design International School adalah sekolah yang nantinya akan
• Menghasilkan lulusan di bidang desain yang memiliki kemampuan mendesain, pengawasan, pengelolaan di bidang desain secara profesional dengan penuh rasa tanggung jawab tanpa meninggalkan kode etik profesi.
• Menghasilkan lulusan di bidang desain yang mampu menggunakan pola pikir dan penalaran yang inovatif, kreatif, efektif dan efisien didalam mengamalkan ilmunya kepada masyarakat, bangsa dan negara.
• Menghasilkan lulusan di bidang desain yang berkualitas dan mampu meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
• Menghasilkan lulusan di bidang desain yang memiliki kemampuan bersaing dalam profesi desain secara internasional.
• Menghasilkan lulusan di bidang desain yang tanggap dan peka terhadap perkembangan ilmu, teknologi, seni, serta tuntutan pengguna secara internasional.
• Mencetak sumber daya manusia yang unggul lewat peningkatan kualitas penelitian dan layanan masyarakat dengan ciri inovasi teknologi dan kreativitas pemanfaatan ilmu pengetahuan.


C. Program pendidikan pada Citra Design International School

Saya mendesain Sekolah ini dengan memiliki beberapa program pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan, tingkatan, dan hasil tes masuk dan penempatan para siswanya dengan memiliki program utama dan program penunjang.
a. Program utama yang diberikan oleh Citra Design International School ini adalah Kegiatan pembelajaran rutin saya bagi menjadi 3 tingkatan sebagai berikut :


1. Threshold .Level ini mempelajari dasar-dasar dalam mendesain. Siswa diajarkan mendesain Animation (3D, 2D, Clay, segala jenis animasi )
Interactive Art [Website, Flash Games, berbagai games]
- Video [cinematography atau movie editing] dengan menggunakan berbagai aplikasi. Pada tahap ini siswa mempelajari dan benar-benar mendalami segala seluk beluk mengenai hal-hal tersebut sehingga dapat melanjutkan ke level selanjutnya.



2. Milestone. Di level ini, siswa diajarkan Digital Photography, Hand Drawing,Digital Art Work, Digital Graphic Design, Web Design Using Dreamweaver Web Design Using Flash dan berbagai hal lainnya mengenai design. Pada tahap ini siswa mempelajari semua hal diatas dan harus sudah bisa menguasainya secara rinci dan mulai mencoba mengimplementasikannya dalam suatu karya.


3. Mastery : Level ini adalah lanjutan dari Milestone. Di level ini, dimulai dengan para tenaga pendidik mengevaluasi para siswa tentang berbagai hal yang telah diajarkan pada level sebelumnya. Pada level ini, siswa diajarkan bisa menghasilkan sesuatu yang berkaitan dengan materi yang diajarkan pada level sebelumnya dalam wujud desain. Kemudian siswa banyak mengikuti kompetisi, mulai dari taraf nasional sampai internasional. Citra Design International School membuat kebijakan dan mewajibkan siswanya jika ingin mengikuti magang diperusahaan-perusahan yang memiliki relasi dengan sekolah ini adalah minimal memiliki 3 sertifikat mengenai design baik secara taraf daerah, nasional bahkan Internasiona. Jadi pada level ini siswa sudah dituntut untuk bisa menghasilkan karya dalam bentuk apapun mengenai materi yang diajarkan. Dan pada level ini, siswa telah dipersiapkan untuk menghadapi dan memenuhi dunia industri dan dunia kerja secara disiplin, kreatif, inovatif dan profesional.

b. Program Pendukung
Pada program ini Citra Design International School memiliki berbagai program pendukung yaitu adanya
1) Program pengembangan diri dan motivasi siswa. Yaitu program yang membantu dan meningkatkan diri dan motivasi siswa untuk dalam kegiatan pembelajaran yaitu diadakan kegiatan training motivasi dan kegiatan ekstrakurikuler.

2) Compelementary Class. Yaitu adanya program kelas tambahan bagi siswa yang belum mengerti pada materi ajar sebelumnya.

3) Communication Skill. Yaitu Program yang melatih, mengembangkan dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa untuk baik untuk memasuki perguruan tinggi dan terutama untuk yang menghadapi tuntutan dan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja.

4) Social Club. Yaitu sebuah simulasi lingkugan teknologi dimana siswa bisa belajar berkomunikasi, bersosialisasi dan bertikar pikiran dengan siswa lainnya melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.

5) Study Tour. Program ini berupa kegiatan belajar sambil rekreasi dalam mengeksplor inspirasi peserta didik dalam menciptakan dan menghasilkan sebuah design. Kegiatan ini dilakukan setiap 1 tahun sekali ke perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang design an Universitas – universitas baik didalam maupun di Luar negeri.

5) The CDIS’s People. Ini adalah Komunitas siswa CDIS yang bersumber di Internet yang menjangkau seluruh Indonesia. Ini adalah salah satu wadah pendukung untuk meningkatkan kemampuan siswa secara nasional dan mendapatkan teman baru di CDSI seluruh Indonesia.


D. Sasaran Peserta didik Citra Design International School

Peserta didik yang akan menempuh proses pembelejaran di Citra Design International School ini adalah peserta didik yang berumur antara 14 - 30 tahun. Sasaran sekolah ini adalah pada siapa saja yang berada pada rentang umur tersebut yang ingin mempelajari design secara mendalam.
Tidak hanya bagi peserta didik yang memiliki kemampuan atau passion di bidang design tetapi juga pada peserta didik yang memiliki minat terhadap bidang ini. Yang jelas mereka akan melewati seleksi lebih awal untuk mengklasifikasikan siapa saja peserta didik yang telah memiliki kemampuan dan yang memiliki minat.


E. Strategi Publikasi Citra Design International School
Strategi publikasi yang digunakan untuk mempromosikan sekolah ini dan menjaring siswa adalah pertama, tentu saja dengan menggunakan sumber internet yaitu media Website sekolah dengan membuat iklan dan promosi khusus mengenai sekolah ini. Kemudian melakukan promosi melalui iklan di Televisi dan Radio,Majalah dan Tabloid. Memberikan dan meyebarkan leafleft ke berbagai tempat mengenai apa saja yang terdapat pada sekolah ini dan terutama bagaimana sistem dan hasil pembelajarannya, memasang poster dan spanduk dilokasi-lokasi yang strategis untuk dapat menarik para pembacanya. Kemudian mengadakan Open House agar seluruh masyarakat dan sasaran peserta didik mengetahui dan melihat langsung bagaimana sekolah ini baik dari fasilitas, sarana, prasarana, proses pembelajaran dan lainnya.


F. Proses Seleksi Penerimaan dan Kriteria Design International School.

Untuk menerima dan megklasifikasikan calon peserta didik yang akan menempuh proses pembelajaran ini maka perlu dilakukan berbagai proses seleksi. Proses seleksi yang pertama adalah tentu saja calon peserta didik mengikuti seleksi administrasi yaitu calon peserta didik harus mengisi dan menyerahkan kembali formulir pendaftaran secara lengkap sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Calon peserta didik Design Internasional School harus melakukan pembayaran seleksi dan melampirkan bukti pembayaran pada formulir tersebut. Calon siswa juga harus melampirkan kelengkapan data-data sepertiyang diminta secara lengkap misalnya, hasil tes IQ, SKCK, ataupun sertifikat-sertifikat lainnya.

Kedua, Calon peserta didik mengikuti Placement Test. Placement Test ini terdiri dari beberapa ujian yaitu
1) Psikotes,

2) Uji potensi akademik,

3) Ujian Bahasa Inggris ( Untuk penempatan kelas Communication skill ) dan

4) Make Your Design test . Pada proses seleksi placement test ini calon peserta didik diuji untuk membuat sebuah desain diatas sebuah kertas dan menggunakan komputer mulai dari segi konsep, proses hingga hasilnya. Hal ini ntuk mengetahui batas kemampuan awal calon peserta didik dalam membuat sebuah design sebelum menempuh proses pembelajaran di Citra Design International School agar kegiatan pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien).

Ketiga, proses seleksi yang terakhir adalah mengikuti proses wawancara. Pada proses ini, calon peserta didik akan diwawancarai mengenai pengetahuan, ketertarikan atau minat dan pengalamannya dalam bidang design yang terangkum dalam beberapa pertanyaan yang terstruktur dan sistematis untuk membantu dalam mengklasifikasikan dan menempatkan calon peserta didik secara tepat. Keempat,pemeriksaan proses kelengkapan tes secara keseluruhan, bagi calon peserta didik yang kurang melengkapi persyaratan tes untuk segera melengkapinya dan jika melewati batas waktu yang telah ditentukan maka calon peserta didik dinyatakan gugur.
Kriteria kelulusan calon peserta didik yang akan diterima adalah calon peserta didik yang telah mengikuti seluruh proses seleksi dan memenuhi standar yang telah ditetapkan Citra Design intenational School. Calon peserta didik harus mengetahui kemampuan dasar mengenai design dan mampu membuat design yang akan diujikan nanti sesuai dengan standar tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar