Untuk Para Perempuan

FROM M. Puspitas Sari Munthe Note's..
Just wanna share for the others..


tulisan ini aku dedikasikan untuk menyemangati para perempuan, agar menjadi bagian dari kehidupan yang akan selalu menghargai dan membutuhkan mereka...


tak mudah memang, ketika laki-laki menyebutkan kriteria perempuan ideal menurut mereka dan menyadari bahwa kita tidak memenuhi kriteria tersebut. tak pelak, alasanku menulis posting ini karena aku merasa sudah cukup berpengalaman dalam menghibur diri yang dianggap tak cukup "indah" di mata orang lain. tidak hanya di mata laki-laki, tapi juga di mata perempuan. padahal aku pun perempuan...

jika selama ini kamu percaya bahwa laki-laki menilai perempuan dari segi fisik, belajarlah untuk menerima teori itu sebagai hanya salah satu kriteria penilaian mereka terhadap perempuan. yang utama, janganlah mengandalkan teori tersebut untuk membenahi diri menjadi perempuan yang lebih baik. berhentilah memandangi cermin seraya menyesali mengapa pinggang dan pinggulmu tak lebih ramping, mengapa rambutmu tak seindah yang dijanjikan iklan shampo conditioner, mengapa wajahmu tak putih, mengapa kulitmu tak lembut, atau bahkan mengapa jerawat harus mengganggu hidupmu. berhentilah sejenak dan renungkan, adakah kamu ditinggalkan orang-orang karena bayanganmu di cermin tidak seperti yang kamu harapkan? ya, kamu memang perlu berbenah jika penyesalan akan bayangan di cermin itu menghinggapi pikiranmu. jangan hancurkan hidupmu dengan membiarkan ketidakpuasan itu bercokol dan terus tumbuh menekan akal sehatmu. resapilah bahwa tiap perempuan diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. syukurilah "unconditional love" yang selalu dicurahkan keluarga dan sahabat-sahabatmu, cinta yang tak mengenal syarat apa pun.

tidak diragukan, memang diperlukan adanya kelebihan yang akan membuat mata orang-orang tertarik padamu dan kemudian bersedia untuk mengenalmu lebih lanjut. bukan, aku bukan bicara mengenai ketertarikan lawan jenis, tetapi daya tarik yang dapat dipancarkan untuk membuat orang-orang mengakui bahwa kamu adalah perempuan yang luar biasa. aku sudah pernah bertemu dengan perempuan-perempuan luar biasa itu, bahkan hingga saat ini mereka menjadi bagian dari hidupku. aku belajar beberapa hal dari mereka mengenai apa yang harus kamu punya sebagai perempuan untuk memberikan manfaat bagi kehidupan.

Jadilah cantik perempuan luar biasa yang kukenal melakukan yang perlu mereka lakukan untuk memelihara dan merawat dirinya. menghargai semua yang mereka punya yang telah diberikan oleh Tuhan karena itu semua menjadikan mereka perempuan yang cantik. mereka tidak membiarkan dirinya terlihat "tak terurus" hanya karena mereka menghindari menjadi genit. tidak perlu melakukan yang berlebihan, bukan "mempercantik" tetapi memelihara dan merawat. dengan sendirinya, diri mereka terlihat cantik. tidak hanya itu, mereka membenahi kepribadian menjadi cantik. kepribadian yang akan membantu membuat orang-orang merasa nyaman di dekat mereka. bukan karena keindahan fisik mereka, melainkan oleh kecantikan pribadi mereka. aku tidak berbicara mengenai berbicara lembut atau duduk manis, yah oke memang hal-hal itu akan terlihat cantik, tetapi yang penting mereka membuat orang-orang merasa nyaman di dekat mereka, siapa pun itu.

Jadilah bijak . semua orang menyukai orang bijak. tidak hanya pintar atau cerdas atau pandai, orang bijak juga lembut. ia mampu mengontrol emosi dan menciptakan ketenangan. ia sabar, mau mendengarkan dan membantu menanggung beban orang lain. berusahalah menjadi jalan keluar dalam kebuntuan orang lain.

Jadilah kuat. para perempuan luar biasa yang kukenal semuanya adalah perempuan yang kuat, baik fisik maupun kepribadian. maka, hingga hari ini aku memegang teguh prinsip bahwa "aku terlahir sebagai perempuan bukan untuk menjadi lemah". mereka tidak mengeluhkan dan menghindari pekerjaan atau pun tanggung jawab yang membutuhkan energi besar untuk ditunaikan. mereka tidak lagi mencemaskan kuku-kuku akan patah, atau telapak tangan akan menjadi kasar, atau kulit akan menjadi hitam ketika mereka harus mengerjakan sesuatu yang berat. mereka tidak mengkotak-kotakkan pekerjaan menurut gendernya. mereka mengerjakan apa yang mampu mereka kerjakan, terutama jika itu tanggung jawab. selain itu, mereka adalah perempuan tahan banting dan tahan cobaan. mereka menghadapi masalah dengan lebih sabar dan belajar dari orang lain. mereka menangis jika memang beban yang mereka rasakan sangat berat. menangis memang membantu melegakan kesesakan dalam diri kita. tapi, seusai menangis mereka bersiap melakukan sesuatu untuk sungguh melepaskan beban masalah itu. jangan menyerah, karena akan selalu ada dukungan dari orang-orang yang mencintaimu.

Jadilah dirimu sendiri. setiap perempuan tercipta unik. tak perlu meniru orang lain supaya menjadi lebih dicintai. perempuan luar biasa memperjuangkan apa yang mereka punya. mereka pun mengembangkan talenta mereka supaya bermanfaat bagi orang lain. mereka dicintai karena mereka adalah perempuan luar biasa.

Tersenyumlah. ya, tersenyumlah. ketika perempuan-perempuan luar biasa itu menyunggingkan senyum kepadaku, aku dapat merasakan cinta yang mereka pancarkan dari senyum itu. dengan tersenyum mereka mampu meredakan amarah yang menggelegak siap tumpah, mampu menghapuskan air mata sedih sekaligus meneteskan air mata haru, mampu mengurai kerumitan masalah, dan yang terpenting mampu mengisi kembali kekuatan dan semangat untuk menghadapi dunia. dan dengan tersenyum, mereka selalu terlihat sangat cantik. lebih cantik dari biasanya.




berdirilah tegak wahai perempuan, angkat kepalamu menatap dunia. dunia yang melahirkanmu sebagai manusia yang lembut namun menyimpan kekuatan yang indah di dalam diri. berjuanglah untuk kehidupanmu dan kehidupan seutuhnya, engkau begitu berharga karena dunia membutuhkanmu...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar