Pentingnya Kejujuran..Menerima dan memberi sebuah kejujuran.

Kejujuran bagi manusia jaman sekarang adalah sesuatu harta yang sangat suli dicari. Meskipun banyak yang menganggap tidak bernilai, tapi ini kejujuran adalah nilai lebih dari setiap manusia yang berbeda. Begitu sulitnya menemukan kejujuran, bahkan meskipun perut sudah penuh dengan makanan. Tapi masih saja berani mengatakan masih kelaparan di antara orang-orang yang benar-benar kelaparan.

Jangankan menemukan kejujuran yang dilakukan orang lain ke orang lain. Terkadang dan bisa dikatakan mungkin sering, kita tidak pernah jujur kepada diri sendiri. Betapa munafiknya orang-orang, termasuk aku akan sebuah nilai kejujuran.

Hilangnya kejujuran di hati nurani manusia memberikan dampak yang tidak saja menyusahkan diri sendiri, namun orang lain juga pastinya terkena dampaknya. Korupsi uang yang seharusnya bukan miliknya, orang kaya yang membeli BBM subsidi, padahal untuk membeli BBM khusus mobil mewahnya dia masih mampu.

Bayangkan jika semua orang sudah dalam keadaan kenyang, namun mereka hidup di lingkungan orang lapar. Masih berani-beraninya dia berteriak, lapar, lapar, dan lapar. Tak peduli orang lain kelaparan.

Pertanyaan kita, apakah sangat sulit bagi manusia sekarang ini melakukan sebuah kejujuran? Tidak hanya untuk orang lain, untuk dirinya sendiri. Melakukannya apakah kita harus belajar dahulu?. Atau memang dari hati nurani kita memang tidak ingin berbuat jujur? Bisakah kita jujur?

Keadaan menjadi sulit bila kita menerima kejujuran dari orang lain yang ternyata sangat menyakitkan hati kita. Dan pastinya, ketika orang lain tersebut jujur kepada kita, dia juga berkata jujur dengan tujuan yang kurang lebih sama dengan kita, yaitu berharap agar orang lain dapat menerima kejujurannya walaupun pahit.

Mempersiapkan diri ketika sebelum berkata jujur memang sangatlah penting. Kita harus siap jika ada sebagian orang atau apesnya semua orang tidak dapat menerima kejujuran yang telah kita katakan. Kita harus siap jika ternyata dengan kejujuran itu kita akan kehilangan banyak orang yang tadinya telah dekat kepada kita. Dan beruntunglah jika setelah kejujuran terungkap, hanya sedikit hal yang berubah pada orang-orang di sekitar anda.

Namun yang tak kalah pentingnya adalah kita juga harus mempersiapkan diri kita untuk mendengarkan kejujuran dari orang lain. Kita juga harus sadar bahwa seburuk apapun kejujuran yang kita terima dari orang lain, itu adalah sebuah kejujuran. Dan kita juga harus sadar bahwa sebuah kejujuran yang pahit, adalah lebih baik di bandingkan kebohongan yang manis.

Sebuah mobil tua nan masih berfungsi, jauh lebih berguna di bandingkan dengan hayalan tentang mobil mewah. Bersyukurlah jika anda mendapatkan sebuah kejujuran.

Berkata jujur adalah sebuah hal penting, namun tegar menerima kejujuran dari orang lain, adalah suatu hal tak kalah pentingnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar